Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Wednesday, October 14, 2009

Waspada Kontaminasi BPA Dari Kertas

Washington, Heboh penemuan bahan beracun dalam bahan plastik yang dikenal dengan BPA (Bisphenol-A) belum lama usai. Kini BPA juga diketahui beredar pada kertas yang biasa Anda dapatkan dari supermarket alias bon kasir.

BPA sendiri adalah bahan yang sangat beracun bagi tubuh. BPA diketahui bisa merusak otak, saraf dan menyebabkan beberapa penyakit seperti jantung dan kanker.


Beberapa studi sebelumnya mengatakan bahwa BPA (Bisphenol-A) yang diketahui banyak terdapat dalam bahan plastik bisa menyebabkan penyakit jantung bahkan kematian. Oleh karena itu, beberapa plastik yang berbahan ini dilarang penggunaannya berulang-ulang.

Kini tanpa disadari, kertas yang didapatkan dari kasir setiap harinya bisa menjadi media paparan BPA terutama banyak ditemukan di wilayah Amerika seperti dilansir dari Glamour.com, Rabu (14/10/2009).

John Warner dari Warner Babcock Institute for Green Chemistry menemukan kertas yang dibuat untuk bon pada kasir memuat bahan BPA. Meski Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) belum memberi label bahaya pada produk-produk yang berbahan BPA, namun peneliti mencurigai potensi berbahayanya bagi tubuh.

Walaupun kertas tersebut tidak berhubungan secara langsung dengan makanan, namun kontaminasi dapat terjadi melalui tangan. Kalau sudah begitu, bahan BPA tentu saja bisa masuk ke dalam tubuh jika tidak segera mencuci tangan.

"BPA banyak terdapat pada alat-alat yang terbuat dari polikarbonat yaitu umumnya plastik. Tapi ternyata zat beracun itu juga terdapat di kertas bon, dan parahnya jumlahnya kebih besar daripada di plastik, yaitu 60-100 miligram BPA bebas," ujar Warner.

Kertas-kertas lain yang dicurigai mengandung BPA adalah kertas karbon. Untuk itu, peneliti menyarankan agar konsumen supermarket selalu mencuci tangannya sehabis berbelanja dan hindari memegang makanan langsung dari tangan.

Source : Nurul Ulfah - detikHealth

No comments:

Post a Comment